Rabu, 12 Februari 2014

Definisi Bahagiaku

Sebagai manusia, sangat wajar kita memiliki definisi bahagia yang sangat beragam. Umumnya manusia merasa bahagia apabila memiliki banyak uang. Ada yang merasa bahagia kalau dirinya sudah eksis dan terkenal sebagai publik figur.

Ada pula yang "merasa" pasti bahagia bila sudah keliling dunia (ehem!! ngaku deh), ada pula yang merasa bisa berbahagia bila sudah memiliki belahan jiwa yang mencintai dan dicintai.

gambar dari Google


Wajar dan syah-syah saja mendefinisikan kebahagiaan menurut impian masing-masing. Tapi..., benarkah bila manusia sudah meraih semua yang diimpikan itu, maka dia  pasti bahagia?

Emm... not sure! Dari pengalaman saya sihh... ngga mesti yaaa. Sebagai manusia kita ngga akan pernah merasa puas meskipun sudah memperoleh apapun yang sudah kita impikan. Ibaratnya nih ya, kalo artis ditanya reporter "Apakah Anda sudah puas dengan apa yang anda capai saat ini?". Nah pasti si artis bakal ngejawab "Ah saya belum puas, saya akan berusaha lebih baik lagi" Klise! Tapi begitulah sifat manusia yang sebenarnya. Tidak akan pernah merasa puas.

Benarlah ucapan seorang alim bahwa
"Dunia ini, semakin kita menyelaminya, semakin haus dahaga kita, dan tak akan merasa puas".
Mereka yang sudah kaya, masih ingin bertambah kaya. Mereka yang sudah cantik masih belai-belain melakukan segala macam usaha meskipun pada akhirnya berakibat fatal.

Jadi apa sesungguhnya bahagia itu? bisakah Anda mendefinisikannya?
Dari pengalaman  sekian  abad hidup di dunia (say what ??) , saya akhirnya bisa mengalami apa itu sesungguhnya kebahagiaan sejati. Mau tahu?

"Kebahagiaan sejati adalah apabila engkau sangat mencintai Allah Subhanahu Wa Taala, dan Allah membalas cintamu sedemikian rupa sehingga engkau merasakan cinta Allah begitu menyesaki dadamu, sehingga engkau ingin membaginya kepada semesta alam"



gambar dari Google

Allah Subhanahu Wataala sendiri adalah Ar Rahman dan Ar Rahim, yang Maha Pengasih dan yang Maha Penyayang. Kasih sayang Allah pada kita  melebihi kasih sayang orang tua kita, melebihi kasih sayang kekasih, anak-isteri, suami, bahkan melebihi kasih sayang kita pada diri sendiri.

Dia Maha Tahu apa yang terbaik untuk kita. Terkadang dengan keterbatasan ilmu kita, kita menganggap Allah itu tidak cukup sayang paa kita. Ujian-ujiannya sering melumpuhkan kita.
Padahal jika kita mau menyelami apa makna dibalik ujiannya, sesungguhnya Dia sedang merencanakan sesuatu yang besar untuk kita. yang kita butuhkan hanyalah berbaik sangka, dan terus berusaha meraih cita-cita, sambil berdoa dan meyakini  pertolongannya.

"Dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu (Muhammad)  mengenai aku, katakanlah, sesungguhnya  Aku dekat, aku menjawab permohonan orang yang berdoa, apabila dia memohon kepadaku. Maka hendaklah memenuhi semua perintahKu dan selalu beriman kepadaKu agar mereka selalu dalam kebenaran" (Quran surah Al Baqara: 186)







4 komentar:

  1. Tulisan-tulisan Bu Titi bagus-bagus, menginspirasi :)

    BalasHapus
  2. May Allah count this as "aamal shaleh" ya sister☺
    Allah Subhaanahu wa ta'ala will not ask why can't you reach on such level either ur wealthy,knowledge,looks or the state of our faith,,rather than our efforts. Because every one us tested in different level.But what we should never forget that we have been created in this world for a certain purpose,..one may hv little wealthy..and he works hard to reach such level,but the goal may goes wrongly when he put on his effort for his desire or to please his Creator.so to me ....
    My happiness isn't to be with wonderful people on wonderful land with wonderful things..but
    My happiness is to remain where I live(my qadr,my nature)
    And my life would be more wonderful
    If..
    I just impelling my soul to efforts and
    engage them to kinds of good and action
    To please no one but my Creator ☺
    (I promise my self to create a better poem next time,,loool)

    BalasHapus
  3. Aduuhh maapp baru tahu ada komen ini

    BTW i think i know who are you sister "Anonim" :D

    Yeah... indeed happiness is hard to be defined , every one has his her opinion, but the core of happiness always lay on his her heart. so ask your heart, you will find in it , Tararengkyuuuuu :)

    BalasHapus